Mengenal Beberapa Terminologi Aqidah

REKAPAN MATERI KELAS AQIDAH 02 AKHWAT RUMAH DAKWAH INDONESIA
Hari/Tanggal       : Selasa/ 14 April 2015
Admin & Notulen  : Melya Lestari & Ririn Oktafiani
Narasumber        : Ustadz H. A. Latif Khan
Tema               : Mengenal Beberapa Terminologi Aqidah

MUKADDIMAH
بسم الله الرحمن الرحيم

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
Segala puji hanya bagi Allah yg telah memberikan kesempatan kepada kita untuk bersama2 mengikuti kajian online pada sore ini.
Sahabat rumah dakwah indonesia dimanapun berada, di tengah-tengah kita, telah hadir ustadz abdul latif khan yang akan menyampaikan materi pada kajian sore ini.
 السلام عليكم ورحمة الله و بركاته

RESUME MATERI
2. TAUHID
kata Tauhid juga telah mengalami beberapa perkembangan.
Pada tahap pengertian bahasa
Tauhid berasal dari kata kerja وحّد-يوحّد-توحيدا. Tauhid adalah akar dari kata kerja  وحّد yang berarti menjadikannya satu. Makna ini berkembang untuk menunjukkan individu istimewa yang berbeda dengan individu lainnya. Sebab pada kenyataannya Allah itu Esa, tidak terjadi karena ada orang yang menjadikannya demikian.
Pada tahap makna
Tauhid dipahami sebagai perbuatan hati. Dimana kata tauhid didefenisikan sebagai 'mengesakan Allah sebagai Tuhan (rububiyah), sembahan (uluhiyah), dengan segala Nama, Sifat dan Perbuatan Nya
Pada Tahap kematangan dan kemandirian
Tauhid berubah menjadi nama bagi sebuah disiplin ilmu tertentu. Tauhid didefenisikan sebagai berikut
العلم  الذي يقتدر به على إثبات العقائد الدينية بالأدلة
القينية
"Ilmu yang dengannya kita dapat menetapkan aqidah-aqidah agama dengan dalil-dalil yang bersifat mutlak"
PERBEDAAN ANTARA AQIDAH DAN TAUHID :
1) sama-sama menetapkan kebenaran dengan dalilnya
2) aqidah lebih luas dari tauhid. Tauhid menetapkan kebenaran dan menolak syubuhat, menjelaskan sisi yang merusak keabsahan suatu dalil khilafiyah, membahas agama dan aliran lain
3) iman kepada kitab, rasul, malaikat, hari akhir dan takdir termasuk dalam ruang lingkup aqidah sebagai kesesuaian dan ke dalam ruang lingkup aqidah sebagai keharusan.

3. USHULUDDIN
Merupakan majmuk yang terbentuk dari gabungan kata USHUL dan ad DIN.
USHUL merupakan jama' dari kata ASHL yang berarti sesuatu  yang di atasnya yang lain dibangun. Misalnya pondasi rumah. Sedangkan pengertian terminologisnya adalah sesuatu yang mempunyai cabang.
Dalam terminologi syariat kata ini (al Ashl) digunakan untuk beberapa makna, yaitu :
1) dalil, dan inilah arti yang paling populer.

الأصل فى توحيد الأسماء و الصفات سورة الإخلاص و الأصل في توحيد الألوهية سورة الكافرون و الأصل في توحيد الربوبية قوله تعالى :  الحمد لله رب العالمين

"Dalil Tauhid Nama dan sifat Allah adalah surat al Ikhlas, dan dalil Tauhid Uluhiyyah adalah surat al Kafirun, selanjutnya dalil Tauhid Rububiyyah adalah Qs. Al Fatihah ayat 1."
2) dasar yang kokoh; sebagaimana dikatakan
من  أصول التوحيد أنّ توحيد الربوبية يستلمز توحيد الألوهيّة و انّ توحيد الألوهية يتضمن توحيد الربوبية
"Di antara dasar tauhid bahwa tauhid rububiyyah mengharuskan adanya tauhid uluhiyyah, sedang uluhiyyah mengandung tauhid rububiyyah"
3) dasar yang dengannya sesuatu yang lain di analogikan. Sebagaimana adanya pernyataan :
العلم بالمحسوس أصل العلم بالغيب
"Pengetahuan tentang sesuatu yang bersifat fisik adalah dasar pengetahuan tentang sesuatu yang metafisik"
4) yang terkuat dari dua makna atau masalah
Mereka misalnya mengatakan :
الأصل فى معان القرأن الإحكام

"Dasar yang terkuat dari makna makna al Qur'an bersifat tegas"
Dari sekian makna di atas maka makna kedua lah yang paling tepat.
Selanjutnya kata AD DIN berarti "melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan, atau menta'ati Allah dan Rasul Nya"
Kata USHULUDDIN berarti
المبادئ العامة و القواعد الكلية الكبرى التى بها تحقق و رسوله و الإستسلام لأمره و نهيه
"kaidah-kaidah umum yang besar yang dengannya ketaatan kepada Allah dan Rasul Nya serta ketundukan terhadap perintah dan larangan Nya dapat diaplikasikan"
Makna ini hanya dapat diterapkan untuk ilmu aqidah dan Tauhid.
TANYA JAWAB
T : Assalamualaikum. Mau tanya.
Apa yg dimaksudkan dgn "ilmu yg dgn nya kita dpt menetapkan aqidah-aqidah agama dgn dalil-dalkl yg bersifat mutlak"?
Saya kurang faham ayat diatas
J: Adapun penjelasan yang dapat saya sampaikan adalah :
1. Tentang aqidah sudah dijelaskan dalam kajian yang lalu.
2. Dalil yang mutlak maksudnya adalah dalil yang bersumber dari nash القرآن dan السنّة yang tidak samar makna dan lafazhnya.
 jawaban di atas
Misalnya حرّمت عليكم الميتة....
Ayat di atas menegaskan bahwa petunjuk dalam ayat tersebut jelas dan tidak diperselisihkan.
Kemudian قل هو الله احد
Makna ahad juga jelas. Sehingga Allah tidak dapat di syarikatian dengan yang lain
T:
1. Seberapa penting peran ushuluddin dalam ilmu aqidah dan tauhid?
2. Mengapa pengetahuan yang bersifat fisik merupakan pengetahuan dasar untuk pengetahuan metafisik? Dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari seperti apa?
Terimakasih
J:
1. Ushuluddin itu secara harfiah adalah pokok-pokok Din (Islam) sehingga tentulah ia menempati posisi utama dan sangat penting dalam ajaran Islam
2. Manusia tidak mungkin dapat memikirkan apa yang tidak dapat dijangkau oleh pikirannya. Misalnya "kesenangan". Semua manusia cenderung pada kesenangan. Sebagaimana disebutkan dalam Qs. Ali Imran, 3:14 yang menegaskan الشهوات yang disukai manusia.
Sementara tujuan asasi kesenangan itu adalah الجنة, namun tidaklah الجنة, dapat disifati dengan semua kesenangan dunia, melainkan hanyalah menjadi contoh belaka. Dengan demikian dunia dan semua kesenangannya adalah permisalan yang hanya sekedar namanya saja bagi kesenangan syurga.
Wallahu a'lam
T:  Afwan ustaz, adakah ushuluddin itu sama dgn makrifah? sy pernah terbaca, awaluddin makrifatullah. Agama utama adalah mengenal Allah. Jadi yg mana lebih utama? Ilmu makrifah atau belajar ushuluddin?
J: Semua istilah ini mengacu pada 'aqidah. Dari pernyataan hikmat di atas, maksudnya bahwa معرفة الله merupakan kajian pertama dan utama dalam 'aqidah atau disebut juga sebagai مدخال إلى الإسلام (pintu gerbang menuju Islam).
Jadi kajian utama Ushuluddin adalah kajian معرفة الله sehingga tidak harus ada yang diperselisihkan atau dipertentangkan.
T: : Apa yg dimaksudkan dgn tauhid dlm tasawuf ustaz?
J: Dalam tasawuf yang dapat disimilarkan dengan pelajaran Tauhid adalah Pelajaran Ikhlas. Sementara pertanyaan tauhid dalam tasawuf saya tidak mengetahui maksudnya. Karena tasawuf adalah ilmu tersendiri yang fokus kajiannya adalah akhlak
T: Assalamualaikum
Di antara dasar tauhid bahwa tauhid rububiyyah mengharuskan adanya tauhid uluhiyyah, sedang uluhiyyah mengandung tauhid rububiyyah" .Ini maksudnya apa pak ustadz
J : Dalam kajian selanjutnya sebenarnya akan di bahas hal dimaksud. Namun sekedar untuk memberi jawaban saya sampaikan sebagai berikut :
Bahwa Rububiyyah itu bermakna menciptakan, menjadikan, memberi manfaat dan mudharat, menghidupkan dan mematikan, merawat. Dan dalam Tauhid bahwa semua yang terkait dengan itu adalah الله sementara الله adalah Tuhan yang disembah.
T : Ustadz, ada yg bilang ilmu makrifat termasuk ilmu tasawuf, dan itu dibilang sesat.
Bagaimana cara menyanggah pernyataan tsb?
J : Sebutan makrifat memang disalah fahami. Dikira ilmu itu gawenya orang-orang thariqat yang pendekatan kajiannya lebih kepada intuisi. Padahal tidak demikian. Makrifatullah itu merupakan topik penting dalam aqidah. Sebagaimana sudah saya jelaskan dalam jawaban terdahulu.
Bagi kalangan tharekat karena pendekatannya intuisi maka dapat saja penjelasannya berbeda bahkan bertolak belakang satu sama lain.
T : Ustad, apa benar kalo seseorang itu berada di jalan makrifah/ tauhid, perwatakannya akan jd aneh?
J : Tidak
T : Saya sering mendengar klo tauhid dan aqidah termasuk bagian ilmu kalam, maksudnya apa ya ustadz dari ilmu kalam itu
J : Ilmu kalam itu ditolak oleh para ulama salafus shalih sebagai ilmu yang dapat merusak aqidah karena menempatkan akal (rasio) dalam urutan pertama sebelum al Qur'an sebagai alat sekaligus sumber kebenaran. Sehingga akibatnya kebenaran bisa menjadi relatif.
T : Terus ada yg bilang jika tasawuf itu termasuk filsafat, benarkah?
J : Tidak karena filsafat itu alat analisisnya adalah akal (rasio) sementara tasawuf itu alat analisis nya adalah intuisi (rasa)


T : Ust.. bisa djelaskan kembali makna USHULUDDIN berikut contohnya ust
Kaidah-kaidah umum yg besar?
J :
المبادئ العامة و القواعد الكلية الكبرى التى بها تحقق و رسوله و الإستسلام لأمره و نهيه
"kaidah-kaidah umum yang besar yang dengannya ketaatan kepada Allah dan Rasul Nya serta ketundukan terhadap perintah dan larangan Nya dapat diaplikasikan"
Kaidah kaidah umum yang besar adalah yang terkait dengan semua hal rukun iman yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada Rasul, iman kepada Kitab, iman kepada hari akhir dan iman kepada qadha dan qadhar.
Pada masing-masing ada penjabaran yang harus dijalankan dengan keyakinan  yang tidak ada keraguan di dalamnya
T : kita juga mengenal beberapa nama² filsuf islam, bagaimana ustadz, apakah mereka termasuk ahli tasawuf
J : Filsuf itu ya ahli filsafat. Jadi perlu ditegaskan bahwa antara filsuf dengan sufi itu berbeda karena beda konsentrasi ilmunya.  Yang satu filsafat yang satu tasawuf.
T : Terus ustadz ttg realisasi tauhid itu, apa termasuk shalat dan ibadah lainnya
J : Tentu dan itulah di antara realisasi tauhid.
T:  Mau tnya, bagaimana cara qta untuk memperkuat tauhid rububiyah & uluhiyah.. krn itu ibarat pondasi rumah.
J : Memperkuat tauhid rububiyah dengan menyadari bahwa diri kita ini tidak memiliki kemampuan untuk berdiri sendiri dalam hidup. Kita membutuhkan hadirnya Allah dalam hidup kita, karena 3 kondisi yaitu ketidakpastian, kelangkaan dan ketidakberdayaan kita.
Satu contoh misalnya bahwa saat kita sakit kita butuh kesembuhan. Dan untuk sembuh kita harus berobat, maka kita harus tahu kesembuhan itu hak Allah. Sehingga jikapun seseorang sudah berobat ketempat yang paling canggih sekalipun, namun untuk sembuh itu hak Allah. Ingat kasus kematian Olga. Dia sudah berupaya dengan berobat tapi Allah lah yang menyembuhkan.
Sementara uluhiyah
Kita harus tahu bahwa jika kita butuh Allah sebagai Rabb maka mau tidak mau kita harus tunduk pada Nya, dekat dan menyembah. Itulah pintu yang akhirnya Allah memberi pertolongan kepda kita di semua urusan kita
PENUTUP
Terima kasih Ustadz abdul latif khan atas materi kajian pada sore ini. Insyaa Allah materi kajian pada sore ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih juga kepada Ketua Kelas yang telah membantu Kajian online dan sahabat rumah dakwah indonesia yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti kajian ini..
 Alhamdulillah..
Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan..
Mari kita tutup majelis kita malam ini dengan membaca hamdalah..
: Doa penutup majelis :
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”O:)

Wassalamualaikum wr.wb
NewerStories OlderStories Beranda

0 komentar:

Posting Komentar