Mengenal beberapa aqidah tauhid

REKAPAN MATERI KELAS AQIDAH 01 AKHWAT RUMAH DAKWAH INDONESIA
Hari/tanggal : Selasa /14  April 2015
Admin & Notulen : Diana Hani, Apriyani & Putri
Narasumber : Ust. Muhammad Nuh
Tema Kajian Aqidah : Mengenal beberapa aqidah tauhid 
MATERI
Bismillahirrahmanirrahim.. alhamdulillah wasyukrulillah washalatu wassalamu 'ala Rasulillah wa 'ala alihi wa ashhabihi wa man walah.amma ba'du
Aqidah Islamiyah yang kita pegangi sebagai keyakinan dalam jiwa kita, sumbernya adalah Al-Qur'an, Assunnah dan akal sehat.
Yang dimaksud dengan Al-Qur'an adalah wahyu dari Allah SWT kepada Rasulullah Saw melalui.Jibril as yg kemudian ditulis dalam mushhaf.
Ketiga : Akal sehat. Agama berlaku utk orang yang berakal sehat (shad :43); sebab taklif (beban syariah) hanya diberikan kepada orang yg berakal sehat. Islam juga mencela orang tidak menggunakan akal sehatnya (Al-Mulk:10). Al-Qur'an banyak menyebutkan proses dan aktivitas pemikiran... afala ta'qilun dan lain-lain.
Sumber utama Aqidah Islamiyah adalah Al-Qur'an dan Sunnah. Sedang akal berperan sebagai penguat. Wallahu a'lam bishshawab. Mungkin ini dulu sebagai pengantar. Kalau ada tambahan dan tanggapan dipersilahkan dengan segala hormat.
Sunnah sebagai penjelas bagi Al-Qur'an. Sunnah (hadits) ada yg mutawatir (berjalur sanad sangat banyak sehingga nggak mungkin kompromi untuk dusta. Dan Ahaad, hadits yg jalur periwayatannya tidak mencapai tingkat mutawatir.
SESI TANYA JAWAB
T : Ustadz saya ada pertanyaan tentang pemahaman alQur'an..bagi orang yang haid/nifas..jelas sekali dalam alqur'an dijelaskan tidak boleh di sentuh kecuali dalam keadaan suci,bagaimana kalau menghafal?
J:Perempuan haidh & nifas baca/sentuh Al-Qur'an ada perbedaan pendapat  terkait dengan ayat 79 surah Al-Qaqi'ah. Kalau dilihat konteks ayat tersebut memang berkaitan dengan jawaban atas tudingan bahwa Al-Qur'an itu bukan wahyu Allah tapi bisikan yang Nabi Saw sadap (ambil). Tapi terhadap perbedaan pendapat tentu kita saling menghormati, sebab bersumber dari kalangan mujtahid. Ringkasnya dikembalikan kepada masing-masing mana yang argumennya paling menentramkan hati. Wallahu a'lam bishshawab

T:Asalamualaikum ustadz saya mau tanya tentang riba?
J:Riba adalah berbeda (berlebihnya) pembayaran dari apa yg dipinjam. Riba diharamkan (Al-Baqarah:275). Jadi tegas riba haram. Tapi apakah bunga bank dan bunga ringan di koperasi termasuk riba? Masih ada perbedaan faham.saya cenderung agar lebih mendahulukan pemanfaatan bank syariah, koperasi syariah & lembaga keuangan syariah lainnya. In sya Allah aman secara syariah dan berkah.

T: Ustadz... Sudah boleh tanya tentang Tauhid. Saya mau tanya? Mengesakan Allah sebagai Tuhan (Rububiyyah) dan sebagai sembahan (Uluhiyyah). Apa artinya Rububiyyah dan apa bedanya dengan Uluhiyyah? Jazakallah ustadz...
J: Rububiyah & Uluhiyah in sya Allah ada pembahasan khusus. Tapi secara ringkas bisa disampaikan bahwa tauhid rububiyah adalah upaya meyakini keesaan Allah SWT dengan memahami dalil-dalil yang terkait degan fisik. Contohnya Allah sebagai pencipta alam semesta, menjaganya dalam keseimbangan sldan lain-lain Sedang tauhid Uluhiyah cenderung terkait dengan hal-hal  yg non fisik. Seperti pengabdian, kecintaan dan loyalitas kepada Allah SWT.

T: Di sekolah-sekolah sekarang lagi sering acara istigosah untuk siswa kelas akhir. Apakah acara tersebut & bacaannya sesuai sunnah nabi & baik dilakukan?
J: Istighatsah artinya berdoa yang dalam praktiknya selalu beramai ramai.  Menurut mereka yang biasa melaksanakannya di antara dasarnya adalah doa Nabi Saw bersama pada perang Badar. Di hadapan para shahabat dan diaminkan. Saya cenderung pada bahwa doa yang merupakan inti ibadah dilaksanakan bukan semata mata seremonial dan ramai-ramai tapi yang lebih penting adalah kesungguhan dan kekhusyukannya. Kalaupun bersama tidak hilang kesaakralan dan keikhlasannya.

T: Ustadz..bagaimana caranya agar keimanan kita semakin baik..sepertinya sekarang ini ibadah sholat ,puasa dan lain lain hanya sekedar ibadah rutin aja..apakah ada hadist yang mengatakan pada akhir zaman ini yang kita alami ?
J: Syeikh Abdullah Nashuh 'Ulwan menyebutkan agar stabilitas keimanan kita membaik beliau sarankan di antaranya :(1) Mu'ahadah (mengingat janji kita kepada Allah) verbal atau tidak, bahkan di alam ruh kita sudah berjanji (Al-A'raf:172). (2) Mujahadah (bersungguh sungguh)  orang yang sungguh-sungguh akan dibimbing Allah (Al-'Ankabut:69). (3) Muhasabah, evaluasi amal kita sejak awal, apakan niatnya sudah lurus, di tengah, apakah proses yang dijalani sudah sesuai syariah. Dan di akhir, apakah tujuan akhirnya ridha Allah, atau kekayaan dan jabatan, na'u dzubillah.min dzalik. (4) Mu'aqabah, kalau banyak salah dan selalu berulang, perlu menghukum diri .Umpakannya dengan mengurangi  waktu istirahat dan lain-lain

T: Ustadz, bank-bank dan perusahaan leasing itu kan termasuk riba hukumnya kecuali yang syariah.. Nah saya bekerja di salah 1 perusahaan leasing, apa kah gaji saya itu termasuk riba ustadz? Kalo iya, bagaimana caranya saya membersikan dari hukum riba tersebut ?Syukron utadz

J: Kerja di bank atau lembaga keuangan ribawi atau konvensional, tidak menerapkan nilai-nilai syariah. Menurut saya harus ditanamkan azam (tekad) yang kuat pada saatnya bisa tidak lagi berada di bank atau lembaga keuangan tidak syar'i.Nasehat Syeikh Abdullah Nashih Ulwan di atas bisa dijadikan masukan. Juga perlu suasana yang kondusif, artinya perlu upaya agar orang-orang di sekitar mendukung peningkatan ruhiyah dan memilih lingkungan yang juga kondusif untuk perkembangan ruhiyah.

T: Ustadz  ketika ada suatu permasalahan yang tidak di jelaskan di alqur'an dan hadits dan tidak ada orang yang faham. Boleh tidak kita berijtihad sendiri ustadz?
J:Ijtihad merupakan sesuatu yang dimuliakan dalam Islam. Seseorang yang berijtihad kalau benar dapat dua pahala, kalau salah tetap dapat satu pahala. Tentu perlu diperhatikan syarat-syarat ijtihad. Di antaranya harus memahami betul hukum-hukum syariah, khususnya yang berhubungan dengan bidangnya. Misalnya seorang dokter Muslim yang taat, berhadapan dengan kasus pasien yang hidupnya hanya tinggal tergantung pada mesin. Secara media pasien itu sudah mati. Maka menurut saya sesudah bermusyawarah dengan keluarga bisa berijtihad apakan dilepas dari mesin atau dibiarkan.

T: Ustadz bagaimana mengenalkan anak sejak dini tentang tauhid bisa ustadz  beri contoh?
J: Menanamkan nilai-nilai tauhid memang harus sejak dini. Hadits  Nabi Saw menyebutkan agar kita menyuruh anak shalat pada usia.7 tahun. Padahal umumnya anak belum dewasa,  belum mukallaf. Yang wajib itu orang tuanya untuk  menyuruh anaknya shalat. Pengkondisiannya tentu sebelum itu. Yang tidak kalah pentingnya dalam setiap kesempatan bila ada hal-hal
berhubungan dengan nilai-nilai aqidah segera dikuatkan. Umpamanya kakaknya yang SMA  sedang UN. Adiknya juga yang masih TK diingatkan bahwa tidak boleh nyontek. Semua itu dipantau.Allah SWT. sikap tidak  jujur sangat dibenci dlm Islam. Rusaknya suatu bangsa kalau warganya, terutama para pemimpimnya tidak peduli dengan pengawasan Allah SWT.Di antara masalah pada anak-anak terutama yang sudah tumbuh dan berkembang masalah kejujuran. Ini persoalan aqidah. Di atas sudah  saya singgung. Contoh lain pada saat jalan-jalan atau rekreasi ke pegunungan atau pantai, dalam komunikasi kaitkanlah dengan kemahakuasaan.Allah Swt.

T: Ustadz saya mau tanya berdosakah apabila disaat lagi datang menstruasi menghafal beberapa ayat2 suci al_qur'an melalui ipad (gadget)?
J: Saya cenderung tidak mengapa mengulang hafalan di saat datang bulan. Wallahu a'lam bishshawab.

T: Mau tanya ustadz , konkritnya Mujahadah seperti apa ustadz? Syukron..
J: Mujahadah itu sama maknanya dengan jihad. Menurut DR Abdullah Al-Qadiri dalam bukunya Al-Jihad fi sabilillah, definisi yang paling konprehensif adalah : mengerahkan segala kemampuan utk mendapat ridha Allah dam jauh dari murka-Nya. Mujahadah itu memuat nilai-nilai pengorbanan. Bangun di tengah malam untuk qiyamullail bagian dari mujahadah. Menahan diri untuk tidak ghibah juga mujahadah. Apalagi menyerahkan sebagian harta untuk kemaslahatan ummat, mujahadah in sya Allah.
T:Disaat menstruasi lebih baik murojaah hafalan saja. Selesai menstruasi kemudian menambah hafalan.. begitu kan ustadz?
J: Itu cukup moderat. Hanya mengulang hafalan.
T: menghukum diri bentuk apa ya ustadz ? Syukron
J: Di antara bentuk Mu'aqabah, umpamanya berat kali untuk tidak ghibah. Lalu  direncanakan sebagai bagian dari mu'aqabah ketika muhasabah sebelum tidur, ternyata hari itu ada ghibah, kurangi fasilitas diri seperti jajan, jadwal istirahat dll untuk ibadah :"iringilah perbuatan salahmu dengan kebaikan, niscaya akan menghapusnya".
T: Ustadz bagaimanaa cara menjaga ruhhiyah ustadz?
J: Beribadahlah terus, perbanyak dzikir dan amalan sunnah lainnya, ikhlaskan niat. Bangun lingkungan yg kondusif. Ruhiyyah membaik, in sya Allah.

PENUTUP
Subhanaka Allahumma Rabbana wa bihamdika astaghfiruka wa atubu ilaik. Alhamdulillahi Rabbil.'alamin.
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepadamu.
~~~~~~~~~~


آمــــــــــــــــــ­ين يَا رَبَّ العَالَمِين
NewerStories OlderStories Beranda

0 komentar:

Posting Komentar