Rekapan Pertanyaan - Rabu 23 April 2015

Rekapan Pertanyaan Rumah Dakwah Indonesia
Rabu 23 April 2015
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1. Pertanyaan grup 🌹07
Assalaamu'alaikum.
Ustadz ada pertanyaan dari salah seorang adik.
Begini
Dia adalah orang yg ga bisa blajar dan menghapal tanpa mendengarkan musik. Musik yang digunakan itu adalah musik barat dsb yg bukan nasyid.
Itu bagaimana hukumnya ustadz?? Jazakumullah.
kurangi secara bertahap, karena sangat sulit untuk menghilangkan sebuah kebiasaan
untuk sementara, bisa digunakan kaidah ushul

دراالمفا سد مقدم على جلب المصا لح

"Mencegah kerusakan lebih diutamakan dari mencari kebaikan"

الضرورت تبيح ا لمحظورات

"Keterpaksaan dapat diperkenankan melakukan hal-hal yang terlarang"

dua kaidah di atas berfungsi sementara, karena hanya untuk menghilangkan sesuatu yang sudah jadi kebiasaan, jangan digunakan kaidah tersebut sebagai pembenaran.
Sebagai pembanding hukum musik
http://m.youtube.com/#/watch?v=LqOMtXdfcDc

© Ustadz Ahsan
~~~~~~~~~~~~~~~~~~

2. Pertanyaan grup 🌹07

Assalamualaikum,
Ustadz ustadzah, mohon dijelaskan tentang batasan toleransi dengan teman non muslim..
Kalau misal memberi kado pada saat perayaan mereka, menerima makanan dr perayaan mereka, diundang datang ke gereja unt prosesi pernikahan, mendengar musik mereka waktu dirumah mereka, dll..
Mohon penjelasannya... syukron☺
jika berhungan dengan ritual kegiatan ibadah mereka maka hukumnya jelas haram, ukhuwan itu hanya sebatas dunia, misal pada saat rapat rt. untuk membahas masalah yang ada di sekitar tempat tinggal.
©Ustadz Hizbullah
Pastikan
1. Tidak masuk dlm wilayah aktivitas ibadah mereka
2. Tidak makan dan minum yg diharamkan bgi umat islam
3. Tidak makan minum melalui alat makan mereka yg cenderung pernah digunakan utk makanan yg bernajis
4. Usahakan di rumah mereka sekedar melepas keperluan
5. Menjaga aurat kita dan umat islam
©Ustad Muslim

Memberi kado pd perayaan agama mrk itu tdk boleh. Trmasuk hrs dtg ke gereja untuk mnghadiri pemberkatan itu lebih2 lagi. Usahakan hindari.
Tambahan
💐 Hukum Mengucapkan Selamat Datang Kepada Orang Kafir
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ditanya:
Yang mulia Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh. Apa boleh saya pergi ke seorang pastur untuk mengucapkan selamat datang dan selamat jalan padanya?

Beliau rahimahullah menjawab:

Tidak boleh pergi ke seorang kafir saat kedatangannya untuk mengucapkan selamat datang dan mengucapkan salam padanya, karena telah diriwayatkan dari Nabi صلی الله عليه وسلم, beliau bersabda,

 لاَ تَبْدَؤُوا الْيَهُوْدَ وَلاَ النَّصَارَى بِالسَّلاَمِ فَإِذَا لَقِيْتُمْ أَحَدَهُمْ فِيْ طَرِيْقٍ فَاضْطَرُّوْهُ إِلَى أَضْيَقِه
ِ
"Janganlah kalian memulai kaum Yahudi dan jangan pula kaum Nashrani dengan ucapan salam. Jika kalian menjumpai salah seorang mereka di suatu jalan, himpitlah ia ke pinggir." [ HR. Muslim dalam As-Salam (2167) ]

Adapun perginya Nabi صلی الله عليه وسلم kepada seorang Yahudi yang sedang sakit, karena si Yahudi itu pernah membantu Nabi صلی الله عليه وسلم saat masih kanak-kanak, ketika ia sakit Nabi صلی الله عليه وسلم menjenguknya untuk menawarkan Islam padanya, dan ketika beliau menawarkan ia memeluk Islam.

Apakah orang yang menjenguknya untuk menawarkan Islam kepadanya seperti orang yang mengunjungi seorang pastur untuk mengucapkan selamat datang dan menyanjung kredibilitasnya? Tentunya ini tidak setara, dan tidak bisa dianalogikan dengan itu kecuali oleh orang yang bodoh atau pengikut hawa nafsu.

Rujukan:
Fatawa Syaikh Ibnu Utsaimin, juz 3, hal. 47.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 2, penerbit Darul Haq.

©Ustadz Wahid
~~~~~~~~~~~~~~~~~~

3. Aqidah 03 akhwat
Afwan bunda mau tanya mngkin keluar dr materi,kalo hukumnya puasa di bulan rajab apa ya?yang puasa 1 hari,7 hari,8 hari,10 hari dan yg mengingatkan seakan beribadah 80 tahun?sementara ada yg menyatkan bahwa dalilnya dhaif ,dan rajab seperti bulan bulan biasa ?mohon penjelasannya
Bismillah washsholaatu wassalaamu 'ala Rasulillah
Berpuasa dibulan Rajab, para ulama menyatakan hal ini mustahab (disunahkan) jika hal itu didasari dengan dua hal. Pertama : berpuasa sunnah bulan Rajab, sperti puasa senin kamis dan ayyamul bidh (13,14,15 tiap bulan Islam). Hal ini sesuai dngn Sunnah.

Atau yang kedua : berpuasa dengan tujuan mengagungkan asyhurul hurum (bulan-bulam haram) dan Rajab trmasuk diantaranya. Maka hal ini diperbolehkan. Akan tetapi sebagai catatan bahwa hari-hari berpuasa yang disunnahkan selain puasa sunah diatas tidak dibatasi pada tanggal trtentu pada bulan Rajab.

Dan semua hadits yang menyatakan bahwa puasa-puasa Rajab sama saja berpuasa 80 tahun misalnya, atau riwayat lain. bisa dipastikan bahwa riwatanya adalah palsu.

Yang tertera dalam riwayat shahih adalah bahwa beramal shalih dan puasa di bulan Haram ada keutamaannya,tanpa ada keterikana bilangan hari dll

©Ustadz Atieq
~~~~~~~~~~~~~~~~~

4. pertanyaan group 03⃣🌹
sblmnya saya pernah dgr dari seseorang anggota pengajian, apa benar mencetak undangan dgn model berbeda dgn tujuan untuk diberikan ke orang yg berbeda2 pula itu tidak boleh?? haramkah atau bagaimana? adakah dalilnya, , syukron jazakumullah khairann
Allahu a'lam. Nmpaknya prmasalahan diatas terkesan berlebihan dalam memandang satu perkara yang mubah dalam agama, khususnya yang berkaitan dengan adab walimah. Akan tetapi jika termasuk dalam tarof (mubazir yang akut) maka hal itu dilarang dalam agama, atau jika dengan tujuan membedakan antara si miskin dan si kaya, nampaknya sikap tersebut harus ditinjau kembali.
© Ust Atieq
~~~~~~~~~~~~~

5. Pertanyaan akhwat grup 🌹01
. Apakah talaq yg diucapkan dalam keadaan emosi dan marah oleh suami itu sah ???
marah ada dua bentuk
👌marah dalam keadaan sadar, akal pikiran tidak berubah, masih normal, sehingga masih dalam keadaan mengetahui maksud talak yang diutarakan. Jika seperti ini tiada diragukan jatuh talak. Dan talak seperti ini yang umumnya terjadi.
👌marah yang dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa atau hilang kesadaran dan tidaknpaham.apa yang diucapkan atau yang dimaksudkan, jika kondisi seperti ini maka tidak jatuh talak.


. apa hukumnya seorang suami langsung menjatuhkan talaq 3 kepada istrinya,tanpa melalui talaq 1 dan 2, apakah talaknya sah dan terhitung talaq 3???
sah, jika ia sadar, kecuali ada keraguan didalam ucapannya, maka tidak terhitung sebagai  talak, karena menceraikan seorang istri harus dengan keputusan yang yakin.
hati-hati bermain dengan kata talak, karena ana perhatikan ketika suami istri bertengkar ada yang mudah sekali mengucap kata talak, lalu diakhir pertengkarang salah seorang berujar, karena kita masih saling cinta maka talak dibatalkan ... padahal dalam Islam alasan saling cinta setelah talak terucap apalagi talak 3 tidak bisa menjadi dasar rujuk.
©Ustadz Hizbullah
~~~~~~~~~~~~~~~~~~

6. Pertanyaan RD 05 Akhawat

apa yg hrus dilakukan makmum ketika sholat berjamaah yg ternyata imam kurang satu rakaat, imam langsung salam dn tidak menambah satu rakaat lagi. apa yg hrus dilakukan makmum. apa harus ulang sholat atau bagaimana?
ada sebuah pertanyaan yang tumbul, apakah imam sudah diingatkan akan kekurangan raka'at tersebut 😊
jika jawabannya sudah, apakah imam mendengar?
jadi asumsinya untuk sementara adalah makmum sudah mengingatkan imam akan raka'at yang kurang, namun imam tidak mendengar, maka jawaban yang bisa ana sampaikan adalah:
jika kekurangan diketahui setelah selesai sholat, maka cukup ditambah dengan raka'at yang kurang lalu sujud sahwi setelah salam.
namun, jika kekurangannya diketahui setelah lama berselang, dan sudah keluar dari mesjid, maka sholat harus diulang, karena dianggap tidak sah.
© Ustadz Hizbullah
~~~~~~~~~~~~~~~~
7. pertanyaan group 03⃣🌹

Assalamu'alaikum...
Saya mau bertanya tentang dalil membaca qunut dalam sholat subuh.
Jazakallah..

"Diriwayatkan dari Anas Ibn Malik, beliau berkata, Rasulullah saw. senantiasa membaca qunut ketika sholat shubuh sehingga beliau wafat" (HR. Imam Ahmad)
© Ustadz Hizbullah
~~~~~~~~~~~~~~~
8. Pertanyaan akhwat 04

Assalamualaikum.
ada teman yang tanya. Mengapa azan hanya boleh dilakukan laki2 saja? apakah alasannya karna suara perempuan adalah aurat? Atau karna memang sdh syariatnya begitu? Jazakillah khoir

Ada bberapa ibadah dikhiauakan kepada laki laki saja... diantaranya adlah azan. Tentu banyak pertimbangan sehingga azan dikhususkan kpd lk lk diantaranya
Untuk menjaga fitnah. Suara lk lk lbh keras dari suara wanita.
Suara perwnpuan mengundang tafsiran macam2 bg laki laki
Wallahu a'lam
© Ustadz Muslim

~~~~~~~~~~~~~~~

9. Pertanyaan RDI 05 akhawat
Bagaimana hukumnya seorang fotografer atau kameramen yg pekerjaannya meliput berita. Sdangkan hampir pasti gambar yg diliput itu tidak bisa terhindar dari hal2 yg tidak smestinya dilihat, misalkan wanita yg tidak berkerudung, dsb.
Jazakumullah..
Selama tidak mengekspos sesuatu secara berlebihan sy memandang tak masalah... dan dengan keahlian fotogrape tsb dia berusah utk memberi pesan melalui gambar gambar yg diambil atau mengembangkan seni seni rupa islami

©Ustadz Muslim

~~~~~~~~~~~~~~~

10. Pertnyaan grup 08
Assalamu'alaikum saudara fillah smw nya..
Apa hukumnya memanggil sebutan abi dan ummi bagi suami-istri
Syukran 😊
Gak apa apa...
Ken panggilan tab tidak termasuk zhihar...krn yg dimaksud adl abi atau ummi dari anak anak nya
©Ustadz Muslim
~~~~~~~~~~~~~~~

11. Pertanyaan grup 08

Mbak...saya mau nanya, apabıla kıta membelı suatu barang 5 buah, namun setelah kıta chek dırmh ada 6 buah gmana hukumnya, nah yg 1 buah lg gmana? Kalau dıkembalıkan lg kan jaraknya jauh mbak, n ga memungkınkan bg kıta untuk mengembalıkannya??
Ingat dan catat sehingga kl ketika datang ke tempat itu lagi sampaikan ke penjual kejadian tersebut dan ganti....kecuali diikhlaskannya
©Ustadz Muslim
~~~~~~~~~~~~~~~

12.Hukumnya kalau kıta punya saudara, namun sıfat saudara kıta suka memfıtnah n mengadu domba, apa kah kıta bs menjauhınya n blh tdk berteman dgn dıa???
Jawab
Kl saudara tsb seperti itu nasehati dan sampaikan bahwa sikap dn prilakunya spt itu dilarang dlm agama dan batasi diri tanpa memusuhi...
©Ustadz Muslim

~~~~~~~~~~~~~~~
13. pertanyaan group 03⃣🌹

َSaya  🍒υ bertany apakah penghasilan yg didpt seseorang yg bekerja di bank konvensional termasuk riba? 
Ya termasuk riba...
Oleh karenanya ia harus maksimal utk mencari alternatif...
©Ustadz Muslim
~~~~~~~~~~~~~~~

14. pertanyaan group 03⃣🌹

 Assalamualaikum...
Saya mw nanya,kalau suami istri bersentuhan  lstelah wudhu boleh nggak sh...ktanya da yg bilang boleh,trs da jg yg bilang nggak.tolong pnjlsannya umm...trimksih.
Benar ada yg mengatakan wudhunya batal dan ada yg mengatakan tidak batal krn maslah ini adalah masalah khilafiyah...kembali ke kita mana yg mau dipegang...
Menurut sy setelah meliat dalil dalil quran dan hadis yg ada tidak batal wudhu kecuali sentuhan dgn syahwat.
Wallahu a'lam
©Ustadz Muslim
~~~~~~~~~~~~~~~

15. Pertanyaan Akhwat grup🌹 02
Assalamu'alaikum,mbak gimana klu orang hamil...  sering keluar darah sedikit,gimana untuk melakukan salat.apakah hrs mandi wajib setiap mau salat.
tidak harus mandi karena termasuk darah fasad/ darah istihadzoh.
Bs dengan membersihkan area kewanitaan.  Dan cukup dengan berwudhu.
©Ustadzah Citra
~~~~~~~~~~~~~~

16. Pertanyaan putri 02

Assalamualaikum ukhty, mau tanya, apakah menuntut ilmu itu ibaadah, dan apakah itu ilmu agama saja, atau ilmu yg lainnya?  Syukron
 menuntut ilmu adalah ibadah
Tdk hanya ilmu agama saja. Menuntut ilmu selain ilmu agama juga ibadah.
Namun setiap mukmin adalah dai sebelum menjadi yg lainnya. Ilmu agama menjadi ilmu utama dan pertama yg mnjadi pokok / acuan dalam mempelajari ilmu ilmu umum. Sehingga ilmu agama mendahului ilmu ilmu umum yang bisa menopang/ menguatkan ilmu pengetahuan umum. Sehingga  bermanfaat dunia akhirat. Karena bs jadi dg mempelajari ilmu ilmu umum bs Memperkuat keimanan dan ketawaan hambaNya.
Wallahu alam bish showab
©Ustadzah Citra
~~~~~~~~~~~~~~~~~~

17. Pertanyaan RDI 05 akhawat

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 Ustad saya mau tanya..bagaimana hukum pengadaian dalam islam?waktu itu saya mengantar teman ke pegadaian..waktu itu teman saya gadaikan barang dan dy dapat uang 200 rbu dari barang xg di gadaikan tapi ada syarat disana..seandainya dalam 1 bulan tidak di ambil..teman saya harus membayar bunga 25 ribu..itu bagaimana hukumnya ustad?karna waktu itu keadaannya sangat mendesak dan sangat membutuhkan uang?
Syukron jwabannya
pertanyaan ini membuat diri ini kembali berandai-andai, sekiranya umat islam di setidaknya yang ada di satu gang saja ukhuwahnya terjaga, in shaa Allah kita tidak terjerumus dalam riba'
---
sebenarnya gadai hukumnya adalah mubah, namun gadai bahgaimana yang dibenarkan oleh syari'at
sebuah contoh, ana berhutang sebesar 10jt rupiah, lali ana memberikan barang jaminan yang nilainya sekitar 5jt rupiah, maka ketika barang yang ana gadaikan tadi dijual, digunakan untuk melunaai sebagian hutang yang ana miliki dan sisanya akan ana bayarkan.
kalau penggadaian sekarang, menaksir harga barang jauh dibawah harga pasar
hal inilah yang menyebabkan riba'

---

Masyarakat Arab jahiliyyah menyamakan jual beli dengan riba.Allah swt berfirman bahawa Allah SWT menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.Sedangkan riba bersifat eksploitasi.Sepatutnya peniaga gadaian tidak mengenakan interest dan haram hukumnya sebab ia telah mendapatkan keuntungan dari transaksi gadaian dan mendapatkan barang gadaian jika pemiliknya tidak menebusnya.
©Ustadz Hizbullah
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
18. Pertanyaan grup🌹07
Mau tanya ttg siksa kubur...yg mana yg disiksa atau dapet nikmat saat di kubur...jasadnya? atau ruhnya?
Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya:
Apakah adzab kubur itu menimpa jasad ataukah menimpa ruh?
Jawab:
Pada dasarnya adzab kubur itu akan menimpa ruh, karena hukuman setelah mati adalah bagi ruh. Sedangkan badannya adalah sekedar bangkai yang rapuh. Oleh karena itu badan tidak memerlukan lagi bahan makanan untuk keberlangsunganya; tidak butuh makan dan minum, bahkan justru dimakan oleh tanah.

Akan tetapi Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah berkata bahwa ruh kadang masih bersambung dengan jasad sehingga diadzab atau diberi nikmat bersama-sama. Adapula pendapat lain di kalangan Ahlus Sunnah bahwa adzab atau nikmat di alam kubur itu akan menimpa jasad, bukan ruh.

Pendapat ini beralasan dengan bukti empiris. Pernah dibongkar sebagian kuburan dan terlihat ternyata bekas siksa yang menimpa jasad. Dan pernah juga dibongkar kuburan yang lain ternyata terlihat bekas nikmat yang diterima oleh jasad itu.

Ada sebagian orang yang bercerita kepadaku bahwa di daerah Unaizah ini ada penggalian untuk membuat benteng batas wilayah negeri. Sebagian dari daerah yang di gali itu ada yang bertepatan dengan kuburan. Akhirnya terbukalah suatu liang lahat dan di dalamnya masih terdapat mayat yang kafannya telah dimakan tanah, sedangkan jasadnya masih utuh dan kering belum dimakan apa-apa. Bahkan mereka mengatakan melihat jenggotnya, dan dari mayat itu terhambur bau harum seperti minyak misk.

Para pekerja galian itu kemudian menghentikan pekerjaannya sejenak dan kemudian pergi kepada seorang Syaikh untuk mengutarakan persoalan yang terjadi. Syaikh tersebut berkata, “Biarkan dalam posisi sebagaimana adanya. Hindarilah ia dan galilah dari sebelah kanan atau sebelah kiri!”

Beralasan dari kejadian-kejadian seperti ini, ulama menyatakan bahwa ruh terkadang bersambung dengan jasad, sehingga siksa itu menimpa ruh dan jasad. Barangkali ini pula yang diisyaratkan oleh sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Sesungguhnya kubur itu akan menghimpit orang kafir sehingga remuk tulang-tulang rusuknya”.

Ini menunjukkan bahwa siksa itu menimpa jasad, karena tulang rusuk itu terdapat pada jasad.

Wallahu A’lam
©Ustadz Wahid
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
19. Pertanyaan Akhwat grup 🌹02
Assalamualaikum...bgmana pandangan islam tentang hari ulang tahun? Selayaknya bgmana merayakannya? Trm ksh. 😊
Wa'alaikumussalam.
Ulang tahun terdapat beda pendapat ulama.
1. Ada yg total mengharamkan karena itu budaya orang kafir.
"Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka." ( HR. Abu Dawud)
2. Ulama yg membolehkan asalkan tdk ada kemaksiatan dan hal yg berlebihan. Misal cukup dg doa dan hadiah agar semakin meningkatkan kedekatan orang tua dg anak atau romantisme suami istri
©Ustadz Herman

tidak ada perayaan hari ulang tahun dalam islam ...
"Kemudian Kami jadikan kamu di atas syariat dari urusan itu maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui. Sesungguhnya mereka tidak akan dapat menolak dari kamu dari siksa Allah sedikitpun. Dan sesungguhnya orang-orang yang dhalim itu sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Dan Allah adalah Pelindung bagi orang-orang yang bertaqwa" (QS. Al-Jatsiyah : 18)

"Kalian pasti akan mengikuti sunnah orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal sehingga seandainya mereka masuk ke lubang biawak pun pasti kalian akan memasukinya." Mereka bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah mereka itu Yahudi dan Nasrani?" Beliau menjawab: "Siapa lagi ?" (HR. Bukhari dan Muslim)
Dan makna "Siapa lagi ?" artinya merekalah orang-orang yang dimaksud dengan perkataan Nabi saw. ini. Beliau saw. pun bersabda:
"Siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk kaum itu"
©Ustadz Hizbullah

~~~~~~~~~~~~~~~~~~

20. Pertanyaan dari grup Aqidah 03 akhwat
boleh nanya tentang urut2an kehidupan setrlah kematian?
yg mulai dr hari pertama kematian sampai yaumul akhir?
dan hadits yg menguatkan
dan mau nanya tentang hukum nyanyian, tapi baiknya disini apa di aqidah ya? intiny saya berharap ada penjelasan yang jelas sejelas jelasnya ttg hukum nyanyian. kalau bisa pakai dalil. sebab dlu waktu ad yg tny ttg hukum.nyanyian cm dijawab boleh asal ga bikin lupa sama Alloh. sementara banyak dalil kuat yang bilang itu haram.
"akan muncul dr umatku sklompoj org yang menghalalkan zina sutra utk lk2 khamr dn ALAT MUSIK
H.R.al bukhari no 5590 shahih.  nyanyian akan menumbuhkan kemunafikan dalam kalbu
H.R. Ibnu Abi Ad Dunya dan Al Baihaqi disahihkan Al Albani d dlm Tahrim alat ath tharb hal 10 lalu qs lukman: 6 yang kata olok2 disitu ditafsirkan sebagai nyanyian oleh ibnu abbas, ibn mas'ud, ikrimah, mujahid dll (lihat tahrim alat ath tharb karya asy syaikh al albani hal 142-144)
Alam Barzakh

Fase berikutnya manusia akan memasuki alam kubur atau alam barzakh. Di sana mereka tinggal sendiri. Yang akan menemaninya adalah amal mereka sendiri. Kubur adalah taman dari taman-taman surga atau lembah dari lembah-lembah neraka. Manusia sudah akan mengetahui nasibnya ketika mereka berada di alam barzakh. Apakah termasuk ahli surga atau ahli neraka. Jika seseorang menjadi penghuni surga, maka dibukakan baginya pintu surga setiap pagi dan sore. Hawa surga akan mereka rasakan. Sebaliknya jika menjadi penghuni neraka, pintu neraka pun akan dibukakan untuknya setiap pagi dan sore dan dia akan merasakan hawa panasnya neraka.

Al-Barra bin ’Azib menceritakan hadits yang panjang yang diriwayat Imam Ahmad tentang perjalanan seseorang setelah kematian. Seorang mukmin yang akan meninggal dunia disambut ceria oleh malaikat dengan membawa kafan surga. Kemudian datang malaikat maut duduk di atas kepalanya dan memerintahkan ruh yang baik untuk keluar dari jasadnya. Selanjutnya disambut oleh malaikat dan ditempatkan di kain kafan surga dan diangkat ke langit. Penduduk langit dari kalangan malaikat menyambutnya, sampai di langit terakhir bertemu Allah dan Allah memerintahkan pada malaikat: “Catatlah kitab hambaku ke dalam ’illiyiin dan kembalikan kedunia.” Maka dikembalikan lagi ruh itu ke jasadnya dan datanglah dua malaikat yang bertanya: Siap Tuhanmu? Apa agamamu? Siapa lelaki yang diutus kepadamu? Siapa yang mengajarimu? Hamba yang beriman itu dapat menjawab dengan baik. Maka kemudian diberi alas dari surga, mendapat kenikmatan di kubur dengan selalu dibukakan baginya pintu surga, dilapangkan kuburnya, dan mendapat teman yang baik dengan wajah yang baik, pakaian yang baik, dan aroma yang baik. Lelaki itu adalah amal perbuatannya.

Alam Akhirat (Hari Akhir)

Dan rihlah berikutnya adalah kehidupan di hari akhir dengan segala rinciannya. Kehidupan hari akhir didahului dengan terjadinya Kiamat, berupa kerusakan total seluruh alam semesta. Peristiwa setelah kiamat adalah mahsyar, yaitu seluruh manusia dari mulai nabi Adam as. sampai manusia terakhir dikumpulkan dalam satu tempat. Di sana manusia dikumpulkan dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang, dan belum dikhitan. Saat itu matahari sangat dekat jaraknya sekitar satu mil, sehingga mengalirlah keringat dari tubuh manusia sesuai dengan amalnya. Ada yang sampai pergelangan kaki, ada yang sampai lutut, ada yang sampai pusar, ada yang sampai dada, bahkan banyak yang tenggelam dengan keringatnya.

Dalam kondisi yang berat ini manusia berbondong-bondong mendatangi para nabi untuk meminta pertolongan dari kesulitan yang maha berat itu. Tetapi semuanya tidak ada yang dapat menolong. Dan terakhir, hanya Rasulullah saw. yang dapat menolong mereka dari kesulitan mahsyar. Rasulullah saw. sujud di haribaan Allah swt. di bawah Arasy dengan memuji-muji-Nya. Kemudian Allah swt. berfirman: “Tegakkan kepalamu, mintalah niscaya dikabulkan. Mintalah syafaat, pasti diberikan.” Kemudian Rasululullah saw. mengangkat kepalanya dan berkata: “Ya Rabb, umatku.” Dan dikabulkanlah pertolongan tersebut dan selesailah mahsyar untuk kemudian melalui proses berikutnya.

Peristiwa berikutnya adalah hisab (perhitungan amal) dan mizan (timbangan amal) bagi manusia. Ada yang mendapatkan proses hisab dengan cara susah-payah karena dilakukan dengan sangat teliti dan rinci. Sebagian yang lain mendapatkan hisab yang mudah dan hanya sekadar formalitas. Bahkan sebagian kecil dari orang beriman bebas hisab.

Di antara pertanyaan yang akan diberikan pada manusia di hari Hisab terkait dengan masalah prinsip dalam hidupnya. Rasulullah saw. bersabda: “Tidak akan melangkah kaki anak Adam di hari kiamat sehingga ditanya 5 hal di sisi Allah: tentang umurnya untuk apa dihabiskan, tentang masa mudanya untuk apa digunakan, tentang hartanya dari mana mencarinya, dan ke mana menginfakkannya, dan apa yang diamalkan dari ilmunya.” (HR At-Tirmidzi). Di masa ini juga dilakukan proses qishash, orang yang dizhalimi meng-qishash orang yang menzhalimi.

Kejadian selanjutnya manusia harus melalui shirath, yaitu sebuah jembatan yang sangat tipis dan mengerikan karena di bawahnya neraka jahanam. Semua manusia akan melewati jembatan ini dari mulai yang awal sampai yang akhir. Shirath ini lebih tipis dari rambut, lebih tajam dari pedang, dan terdapat banyak kalajengking. Kemampuan manusia melewati jembatan itu sesuai dengan amalnya di dunia. Ada yang lewat dengan cepat seperti kecepatan kilat, ada yang lewat seperti kecepatan angin, ada yang lewat seperti kecepatan burung, tetapi banyak juga yang berjalan merangkak, bahkan mayoritas manusia jatuh ke neraka jahanam.

Bagi orang-orang yang beriman, akan minum telaga Rasulullah saw. yang disebut Al-Kautsar. Rasulullah saw. bersabda: “Telagaku seluas perjalanan sebulan, airnya lebih putih dari susu, aromanya lebih wangi dari misik, dan gayungnya sebanyak bintang di langit. Siapa yang meminumnya, maka tidak akan pernah haus selamanya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Surga dan Neraka

Pada fase yang terakhir dari rihlah manusia di hari akhir adalah sebagian mereka masuk surga dan sebagian masuk neraka. Surga tempat orang-orang bertakwa dan neraka tempat orang-orang kafir. Kedua tempat tersebut sekarang sudah ada dan disediakan. Bahkan, surga sudah rindu pada penghuninya untuk siap menyambut dengan sebaik-baiknya sambutan. Neraka pun sudah rindu dengan penghuninya dan siap menyambut dengan hidangan neraka. Al-Qur’an dan Sunnah telah menceritakan surga dan neraka secara detail. Penyebutan ini agar menjadi pelajaran bagi kehidupan manusia tentang persinggahan akhir yang akan mereka diami.

Orang-orang kafir, baik dari kalangan Yahudi, Nashrani maupun orang-orang musyrik, jika meninggal dunia dan tidak bertobat, maka tempatnya adalah neraka. Neraka yang penuh dengan siksaan. Percikan apinya jika ditaruh di dunia dapat membakar semua penghuni dunia. Minuman penghuni neraka adalah nanah dan makanannya zaqum (buah berduri). Manusia di sana tidak hidup karena penderitaan yang luar biasa, dan juga tidak mati karena jika mati akan hilang penderitaannya. Di neraka manusia itu kekal abadi.

Orang-orang beriman akan mendapatkan surga dan kain sutra karena kesabaran mereka. Dalam surga mereka duduk-duduk bersandar di atas dipan, tidak merasakan panas teriknya matahari dan dingin yang sangat. Mereka dinaungi pohon-pohon surga dan buahnya sangat mudah untuk dipetik. Mereka juga mendapatkan bejana-bejana dari perak dan piala-piala minuman yang sangat bening. Mereka akan minum minuman surga yang rasanya sangat nikmat seperti minuman jahe yang didatangkan dari mata air surga bernama Salsabila. Di surga juga ada banyak sungai yang berisi beraneka macam minuman, sungai mata air yang jernih, sungai susu, sungai khamr, dan sungai madu.

Penghuni surga akan dilayani oleh anak-anak muda yang jika dilihat sangat indah bagaikan mutiara yang bertaburan. Surga yang penuh dengan kenikmatan dan kerajaan yang besar. Orang beriman di surga memakai pakaian sutra halus berwarna hijau dan sutra tebal, juga memakai gelang terbuat dari perak dan emas. Allah swt. memberikan minuman kepada mereka minuman yang bersih.

Dan yang tidak kalah nikmatnya yaitu istri-istri dan bidadari surga. Mereka berwarna putih bersih berseri, bermata bulat, pandangannya pendek, selalu gadis sebaya belum pernah disentuh manusia dan jin. Buah dadanya montok dan segar, tidak mengalami haidh, nifas, dan buang kotoran.

Puncak dari semua kenikmatan di surga adalah melihat sang pencipta Allah yang Maha Indah, Sempurna, dan Perkasa. Sebagaimana manusia dapat melihat bulan secara serentak, begitu juga manusia akan memandang Allah secara serentak. Indah, mempesona, takzim, dan suci. Allah Akbar.

Allah akan memasukkan hamba–Nya ke dalam surga dengan rahmat-Nya, dan surga adalah puncak dari rahmat-Nya. Allah Ta’ala akan memasukan hamba-Nya ke dalam rahmat (surga) berdasarkan rahmat-Nya juga. Disebutkan dalam hadits shahih: “Sesungguhnya Allah Ta’ala memiliki 100 rahmat. Diturunkan (ke dunia) satu rahmat untuk jin, manusia, dan binatang. Dengan itu mereka saling simpati dan kasih sayang. Dengan satu rahmat itu pula binatang buas menyayangi anaknya. Dan Allah swt. menyimpan 99 rahmat bagi hamba-Nya di hari kiamat.” (Muttafaqun alaihi) .

Maka, sejatinya nikmat surga itu jauh dari apa yang dibayangkan manusia. Rasulullah saw. bersabda: “Allah swt. berkata, “Aku telah siapkan bagi hambaKu yang shalih sesuatu yang belum dilihat mata, belum didengar telinga, dan belum terlintas pada hati manusia” (Muttafaqun ‘alaihi). Apakah akan kita hanya berpuas diri dengan mengejar satu rahmat Allah yang dibagi-bagi untuk seluruh penduduk dunia, sementara kita melalaikan 99 rahmat yang tersisa? Semoga kita termasuk dari sedikit orang yang berpikir. Amin
©Ustadz Wahid

Untuk pertanyaan tentang nyanyian

silahkan ditonton dan diresapi
http://m.youtube.com/j?v=9rm3XHfUJ_U

©Ustadz Hizbullah
Mari kita tutup kajian ini dengan membaca doa kafaratul majelis

 الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
اسْتَغْفِــــرُ اللّــــهَ الْعَظِــــيْم
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
آمــــــــــــــــــ­ين يَا رَبَّ
العَالَمِين

Maha Suci Engkau yaa Allah dan dengan memujiMU
aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau
Aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMU
Assalamu'alaikum wr. wb

® By Tim Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar