Definisi beberapa Terminologi Aqidah

REKAPAN MATERI KELAS AQIDAH 3 AKHWAT RUMAH DAKWAH INDONESIA
Hari/Tanggal: Selasa/21 April 2015
Admin & Notulen: Indah & Umiyati
Narasumber: Bunda Malik
Tema: Definisi beberapa Terminologi Aqidah

MUKADDIMAH
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
Segala puji hanya bagi Allah yg telah memberikan kesempatan kepada kita untuk bersama2 mengikuti kajian online pada siang ini.
 Sahabat rumah dakwah indonesia dimanapun berada, di tengah-tengah kita, telah hadir bunda malik yang akan menyampaikan materi pada kajian siang ini.

 السلام عليكم ورحمة الله و بركاته
RESUME MATERI
DEFINISI BEBERAPA TERMINOLOGI AQIDAH
4. SUNNAH
kata Sunnah berasal dari bahasa Arab yang berarti cara (thariqah) dan jalan hidup ( sirah). Misalnya sabda Nabi saw
لتتبعن سنن من كان قبلكم
"kamu akan mengikuti sunnah umat sebelum kamu"
Maksudnya adalah "cara beragama mereka"
Dalam hadist lain
من سنّ سنة حسنة
"Siapa yang membuat sunnah yang baik"
Maksudnya "Jalan hidup yang baik".
Terminologi syari'at SUNNAH didefinisikan beragam sesuai dengan beragam disiplin ilmu keislaman. Dan dapat diartikan "mengikuti aqidah yang benar yang telah ditetapkan berdasarkan al Qur'an dan sunnah".
5. AL FIQHUL AKBAR
Fiqh berarti pemahaman. Kata ini kemudian digabungkan dengan kata AKBAR yang tujuannya membedakan dengan  AL FIQHUL ASGHAR yang biasa digunakan untuk menunjukkan ilmu tentang halal haram serta berbagai masalah furu' dalam Islam.
Istilah AL FIQHUL AKBAR mulai dikenal sejak abad ke II Hijriyah ketika Imam Abu Hanifah menulis buku tentang aqidah salaf dan menamainya dengan nama ini, untuk menunjukkan bahwa ia merupakan masalah penting dalam keseluruhan ajaran Islam.
6. AHL AL SUNNAH WA AL JAMA'AH
SUNNAH merupakan ungkapan kesetiaan mengikuti manhaj al Qur'an dan sunnah dalam segala dimensinya, baik yang prinsip maupun yang tidak prinsip. Sedangkan kata JAMA'AH berarti orang orang yang berkumpul. Sedangkan makna syar'i nya adalah Rasulullah saw, para sahabat, para tabi'in, dan seluruh generasi yang ikut mereka dengan baik hingga yaum al akhir
Jadi makna AHL AL SUNNAH WA AL JAMA'AH adalah "orang yang mengikuti aqidah Islam yang benar, komitmen dengan manhaj Rasulullah Saw bersama para sahabat dan tabi'in dan semua generasi yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat.
7. AHLUL HADIST
Maknanya adalah orang orang yang dinisbatkan kepada orang yang menjadikan hadist Rasulullah saw sebagai salah satu sumber penerimaan Aqidah Islam yang benar. Sama saja mereka itu ulama hadist atau ulama Fiqh atau ulama ushul Fiqh atau orang zuhud atau lainnya.
Disebut Ahlul Hadist untuk membedakan dengan Ahlul Kalam yang menganggap akal harus didahulukan atas hadist Rasulullah saw dalam bidang aqidah.
8. SALAF
menurut syari'at maksudnya adalah para sahabat, tabi'in, tabi'ut tabi'in dan seluruh generasi yang mengikuti mereka hingga hari kiamat dimana keadilan dan kebersihan mereka telah diakui oleh umat secara Ijma', dan mereka pun tidak pernah tertuduh melakukan bid'ah yang menyebabkan kekufuran atau kefasikan.
Dari pengertian di atas, salaf maksudnya merupakan ungkapan tentang individu-individu tertentu atau manhaj tertentu yang mereka ikuti. Sementara individu dimaksud adalah para sahabat, tabi'in dan Tabi'ut tabi'in.
KOREKSI KESALAHAN
Terdapat kesalahan anggapan bahwa salafiyyah mengacu kepada tahapan waktu tertentu. Sementara mazhab Salaf mempunyai dua dimensi :
1) dimensi qudwah; maksudnya orang dari 3 generasi utama dalam sejarah Islam
2) dimensi manhaj; maksudnya adalah sistem yang diikuti oleh ketiga generasi dari ketiga zaman tersebut dalam pemahaman aqidah, pengambilan dalil aqidah, penetapan muatan aqidah, ilmu dan iman.

Oleh karenanya mereka yang menyebut diri salafi tanpa mengikuti kriteria di atas sama sekali tidak mengandung pujian karena dasarnya adalah makna kata bukan pada lafaznya.
9. KHALAF
Maknanya adalah orang yang tertuduh melakukan bid'ah yang menyebabkan kekufuran atau kefasikan dan merupakan celaan yang ditujukan kepada individu atau kepercayaan.
Sua kata SALAF dan KHALAF tidak mengacu kepada kurun waktu tertentu melainkan sistem dan panutan. Sehingga dapat dikatakan bahwa di zaman utama Islam juga terdapat orang yang kekuar dari manhaj salaf.
CATATAN
Dari semua keterangan terminologi aqidah Islam di atas (9 point) maka secara tematis dapat disimpulkan pada dua hal :
1) aqidah yang benar
Maka kata Ushuludein, al Fiqh akbar dan tauhid, semuanya mengacu pada satu muatan ; yakni Aqidah Islam yang benar.
2) Sistem dan Anutan
Kata Salaf, Ahl Al Hadist, Ahlus Sunnah, Ahlus sunnah wal Jama'ah semuanya merupakan sebutan bagi muatan yang sama yaitu sifat yang menjadi karakter golongan yang selamat, baik dalam meneladani generasi ketiga zaman utama mauapun sistem penetapan muatan aqidah Islam yang benar dan pembelaan terhadapnya. Sedangkan kata Khalaf mengacu pada sistem yang bertentangan dengan salaf.
SESI TANYA JAWAB
T: Yg di maksud dg Ahlul hadist?
Agar tahu kalau hadist tersebut lemah/kuat gimana?
J: Ahlul Hadits adalah mereka yang mempunyai perhatian terhadap hadits baik riwayat maupun dirayah, mereka bersungguh-sungguh dalam mempelajari hadits-hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dan menyampaikannya serta mengamalkannya, mereka iltizam (komitmen) dengan As Sunnah, menjauhi bid’ah dan ahli bid’ah serta sangat berbeda dengan para pengikut hawa nafsu yang mendahulukan perkataan manusia di atas perkataan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan mendahulukan akal-akal mereka yang rusak yang bertentangan dengan Al Qur’an dan As Sunnah”.
Bismillah, sayang q, agar dpt mengetahui derajat hadits itu shohih atau dho'if atau palsu atau tdk ada asal usulnya, maka kita Harus belajar ilmu-ilmu hadits spt ilmu mushtholah hadits, takhrij hadits, ilmu al-jarhu wa at-ta'dil, dll. Di dlm sebuah hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
innamal ilmu bit-ta'allum.
Artinya: "sesungguhnya ilmu itu (diperoleh) dengan cara belajar."
Ada juga cara lain, yaitu dengan bertanya secara langsung kpd ulama atau penuntut ilmu hadits yg menguasai ilmu2 tsb.
Hal ini sebagaimana firman Allah ta'ala:
fas-aluu ahlaadz-dzikri in kuntum La ta'lamun. Artinya: "bertanyalah kamu kpd ahli dzikr (ahli ilmu) Jika kalian tdk mengetahui."
Dan derajat hadits bisa juga diketahui dengan Cara baca kitab2 hadits shohih, dhoif dan palsu yg telah susun para ulama hadits spt kitab silsilah al-ahadits ash-shohihah, silsilah al-ahadits adh-dho'ifah wa al-maudhu'ah karya syaikh al-albani rahimahullah.
Yg perlu kita ketahui dan pahami, bahwa janganlah seseorang diantara kita menuntut ilmu agama secara otodidak, tanpa guru, karena ia akan jatuh dlm banyak kekeliruan dan kesalah-pahaman.
Imam syafi'i rahimahullah berkata: "saudaraku, engkau tdk akan memperoleh ilmu kecuali dengan enam hal, diantaranya adalah: irsyaadu ustadzin, adanya bimbingan guru."
Maka dari itu sebagian ulama hadits berpesan,
"janganlah kamu menuntut ilmu agama dari orang yg belajarnya otodidak."
Ada pula seorang ulama hadits yg mengatakan,
"barangsiapa yg tidak diketahui gurunya, maka (kemungkinan) gurunya adalah setan."
Demikian jawaban singkat yg dpt bunda sampaikan. Smg bermanfaat wallahu alam
T: mau tanya bunda,
Diatas ada dituliskan, dimensi manhaj maksudnya adalah sistem yg diikuti oleh ketiga generasi dari ketiga zaman maksudnya gimana yaaa bunda?
Mohon penjelasannya bunda
J: Ketiga generasi dari ketiga zaman adalah yg pertama generasi sahabat yg rosulullah ada bersamany, yg kedua generasi tabiin yaitu generasi pengikut rosulullah n generasi tabiin tabiin yaitu generasi murid para tabiin
T: Bunda,mohon dijelaskan apa yg dimaksud dengan "Fiqh Akbar" Ana sama sekali gk ngerti maksudnya? Kmudian,ada lagi "Fiqh Asghar". Apa beda antara keduanya? 'Afwan bunda,soalnya ana baru dengar kata2 itu. Krna yg sselama ini ana tau cuma "Fiqh" aja, yaitu yg membahas tentang hukum2 Islam. Jazakillah khair atas penjelasannya bunda
J: Sayang q, hukum Islam yang dikenal dengan istilah fiqih terbagi atas dua bagian. Pertama fiqh al-akbar yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan masalah keyakinan / pokok-pokok agama / ilmu tauhid, yang kedua fiqh Al-asghar yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan masalah mu'amalah, bukan pokok-pokok agama tapi hanya cabang saja.
Wallahu alam
T: Afwan, klo begitu ada hubungan antara aqidah dg ahklaq ya bund?? Apakah klo pemahaman ttg aqidah bagus, bs membentuk akhlaq yg bagus ya bund...?? Atau bagaimana)??
J: Iya sayang q pemahaman aqidah yg benar akan mbentuk akhlaq yg bagus, berakhlak kpd tetangga itu krn pemahaman aqidah yg benar ihsan dalam beribadah lahir dari pemahaman aqidah yg benar
T: Assalamu'alaikum mau tanya yg d sebut ahl al sunnah wa al jama'ah itu suatu golongan atau setiap yg mengikuti al qur'an dan sunah nabi d sebut ahl al sunnah wa al jama'ah ?
J: Adalah org" yg menghidupkan sunah rosul n hidup berjamaah


T: afwan umi mw tanya, saat ini kan d indonesia bnyak sistem dlm islam yg berbeda misal  bnyak kharokah2 yg beda2 sistem nya,  bagaimana cara kita menyikapi perbedaan itu. jazakillah khoir.
J: Perbedaan itu rahmat, selagi masih satu aqidah carilah titik temuny hindari benturan ambil sisi positifny n perkuat pemahaman keislaman...insyaAllah akan berasa damai
T: Ana mau tanya apa yg di maksud dengan hizbiyyun?
J: Hizbiyyun adalah kumpulan orang atau kelompok
PENUTUP
Kita tutup kajian kita dengan lafadz hamdalah..
Alhamdulillahirabbal'alamiin..
Jazakillah khairan katsiran kepada Bunda Malik yang telah hadir bersama kami memberikan penjelasan untuk bebrapa pertanyaan
Afwan minkum jika ada kesalahan dari saya serta para member
Doa penutup majelis :
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”O:)
Wassalamualaikum wr.wb.



0 komentar:

Posting Komentar