Pages

Rabu, 17 Juni 2015

REKAP TANYA JAWAB (RABU, 17 JUNI 2015)




REKAP TANYA JAWAB SYARIAH
RUMAH DAKWAH INDONESIA
RABU, 17 JUNI 2015

1. Pertanyaan grup Akhawat 02
A. Assalamualaikum ustadz/ustadzah
aku kan sering k rmh tmnku yg nonmuslim kerja tugas  n dirumahnya ada 2 anjing dan biasanya anjingnya itu selalu nongkrong dpn pintu yg aku mau tnya apa bekas anjing duduki/injak itu najis?
Tentang anjing, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menyebutkan adanya ikhtilaf (perbedaan pendapat) di kalangan para ulama ttg kesucian dan najisnya seekor anjing mjd 3 pendapat:
1. Anjing suci trmsk air liurnya, demikian pendapat ulama Maliki.
2. Anjing najis hingga bulunya, demikian menurut Imam Syafi'i dan salah satu riwayat dari Imam Ahmad bin Hambal.
3. Anjing bulunya suci namun air liurnya najis, demikian pendapat para ulama Hanafi dan riwayat kedua dari Imam Ahmad bin Hambal.
Beliau (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah) melihat bhw pendapat yang ketiga adalah yang paling tepat. Sehingga apabila bulunya yang basah mengenai pakaian atau badan maka ia tidaklah najis, tetapi apabila anjing itu menjilat-jilati sebuah cawan maka air di dalamnya haruslah ditumpahkan (Majmu' Al Fatawa juz XXI hal 530).
:: Ustadz Arfian

B. apakah harus kita berada dlm jama'ah ketika kita ingin terus mengkaji islam??
Tidak ada kewajiban berjamaah hanya utk mengkaji islam, sbb sabda Rasul terkait "wajib keatas kalian berjamaah" yg dimaksud adalah jamaah muslimin. Adapun yg ada pd hari ini adalah jamaah minal muslimin. Artinya tdk ada keharusan utk pertanyaan diatasj ika terminologi berjamaah poin yg ke 2 .ambillah al islam dari mana saja selama yg disampaikan alquran dan sunnah.
:: Ustadz Mahmud Shaleh

2. Pertanyaan grup ikhwan 03

Assalammualaikum ustad sy mau nanya klu kasus angelina itu gimana ya ustad dia lahir sebagai keluarga muslim tp diadopsi  keluarga keristen kemudian umur 8 thn meninggal dimakamkan secara islam, bagaimana sebaiknya cara mengembalikan dia ke islam kan dia sdh dibabtis digereja mhn petunjuk pak ustad. Tks. ?
Untuk kasus Angelina: dia kan masih kanak2 belum baligh tdk mukallaf. Anak kecil seandainya mengucapkan kata kufur tdk dihitung/ ???? apalagi Angelina yg terlahir sebagai muslimah lalu mengalami proses yg di luar kuasa dia dan tiba2 jadi anak angkat org kristen, maka Angelina bersih dari segala kesalahan. Dalilnya hadits : diangkat qalam dari 3 golongan ... anak kecil hingga ia baligh. Jadi apa yg terjadi pada dirinya tidak ada pengaruh, kecuali dia sudah baligh. ????? ????
:: Ustadz Arifuddin Muhammad

Pertanyaan grup
3. Assalamu'alaikum. Ustadz/ah... Ramadhan ini sy hamil 3 bln (amanah ke-4). Ingin bs shaum full. Tp terkadang msh mual & muntah. Apakah jk saat shaum sy muntah, shaum sy batal? Terima kasih. ?
Orang yang hamil, disaat  berpuasa ia muntah dan mual ia boleh membukakan puasanya dan menggantikan puasa itu pada hari lain jika ia berkemampuan.Jika ia tidak mampu berpuasa dengan sebab menyusu pula dan khuatir jika puasa maka mendatangkan mudhorat bagi anak yang disusuinya maka ia boleh menggantikan puasa itu dengan membayar fidyah dengan setengah sho' kurma(1.5 kg) sebanyak puasa yang ditinggalkan.Umpamanya tujuh hari tinggal puasa, maka beri fidyahnya untuk tujuh orang fakir miskin, masing-masing dapat 1.5 kg. Hal ini berdasarkan al-qur'an surah al-Baqarah : 184 iaitu orang-orang yang tidak sanggup puasa(uzur syar'i) boleh menggantikan puasa itu dengan membayar fidyah.Jika ia mampu menggantikan puasa, maka puasa itu lebih dituntut dari pada membayar fidyah.
Walloohua'lam.
:: Ustadz Irwansyah

Pertanyaan grup
4. Pak ustad sy mau tnya, apakah seseorang blh menikah saat hari raya idulfitri tepatnya seminggu lebaran ?
Jawab
Boleh..
Krn tidak ada waktu yg dilarang nikah kecuali saat ihram....
Bahkan bulan ramadhan juga boleh menikah...
:: Ustadz Muslim

Pertanyaan grup
5. Assalamu'alaikum Ustadz...
Apabila sepasang suami istri melakukan hubungan badan di malam hari pada bulan Ramadhan dan tertidur setelahnya dalam keadaan junub dalam arti belum mandi besar, bagaimanakah puasanya bila mereka mandi besar sebelum adzan shubuh?
Jawab
Puasanya tetap sah...tidak ada nas yg mengatakan puasa nya batal...  sama halnya kl di siang hari ramadhan dia tidur dan mimpi basah... puasanya tetap sah...
:: Ustadz Muslim

Pertanyaan grup
6. Asalamungalaikum wr, wb  pak ustad, ,,
Maaf sya mau tanya,, seandainya kita punya keinginan/nadhar kepada org tua untuk meng hajikan belio,, tp belum bisa duitnya masih kurang,,, lalu sy ingin menjual rumah sy pribadi untuk menunaikan nadhar sy kepada belio,,, tapi orang tua menolak gk mengijinkan d jual,,, apakah dengan cara seperti ini sy , masih terikat nadhar ato sudah  lunas nadhar, ,,
Mohon penjelasNya ustad, ,,,
Trimakasih
Wasalamu’alaikum ?
Berbeda antara nadzar dan sekedar keinginan. Kalau sekedar keinginan saja maka tidak ada keterikatan. Tapi bila sudah menjadi nadzar maka wajib dilunasi selama bukan maksiat. Oleh sebab itu dalam kasus ini bila sudah dinadzarkan maka wajib ditunaikan. Tetapi karena berkaitan dengan haji maka anda harus sudah menunaikan haji terlebih dahulu barulah kemudian mengerjakan nadzar haji untuk orangtua. Dalil masalah ini adalah dalil umum tentang nadzar yg bisa diperoleh dengan mudah pada buku2 fiqh bab sumpah dan nadzar. Wallahu A'lam.
Tambahan: maka jangan mudah-mudah bernadzar bila konsekwensinya berat atau dirasakan akan sangat berat dikemudian hari.
:: Ustadz Arifuddin Muhammad
pertanyaan grup
7. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh Ustadz /ustadzah
Saya ingin bertanya ,  seandainya  kita ada Rizqi lebih kita pengen qurban tp kita sendri belom melakukan aqiqoh.yg jadi pertanyaan , mana yg kita dahulukan antara qurban dan Aqiqoh.
Syukron ?

Untuk pertanyaan aqiqah: waktu aqiqah sudah ditentukan secara tekstual dalam hadits. Hari ke 7, atau 14, atau 21. Lebih dari itu bila memang ortu tak sanggup maka tidak masalah karena betul2 tak mampu dan hukumnya tidak wajib. Sampai ketika sang anak pun sudah baligh atau sudah berkemampuan menyembelih aqiqah ia pun tidak wajib untuk membayarnya. Sehingga bila ia kemudian menyembelih maka ia bisa berniat untuk qurban. Sedangkan bagi para ulama yg mewajibkan aqiqah maka kapan saja ia mampu maka boleh sembelih aqiqahnya. Wallahu A'lam.
Masalah dalil sila rujuk buku fiqh bab aqiqah dan penyembelihan.
:: Ustadz Arifuddin Muhammad
Pertanyaan grup 11

8. Bgaimana jika sseorang ketika subuh masih tidur dan bangun ketika fajar mulai nampak (waktu yg diharamkan sholat). Apakah ketika bangun harus sgera lgsung sholat subuh atau bs di qodho sholatnya dan kapan waktunya? Jazakumullahu khaiir
?
Waktu yg dilarang sholat didalamnya adalah untuk sholat sunnah mutlak atau yg tak ada sebab. Sedangkan bila ada sebab seperti tahiyyatul masjid atau sebab ketinggalan karena udzur seperti kasus dalam pertanyaan diatas maka dibolehkan melaksanakan sholat didalamnya apalagi memang ada dalil langsung yg memberikan keterangan bahwa pada pernah  Rasulullah bersama para sahabat kesiangan kemudian segera melaksanakan sholat subuh walaupun matahari sudah naik. Jadi segera saja melaksanakan sholat. Wallahu A'lam.
:: Ustadz Arifuddin Muhammad

Pertanyaan group 13
9. Ukhti nanya ttg al qur'an
Ukh,di al qur'an terjemah sering sekali di tulis ato diterjemahkan dgn kata"kami" pd setiap ayat,sedang dr pengertiannya itu adl kata ganti u/allah swt.ini gmn??maksudnya apa??

?
Kata: kami dalam banyak ayat alquran memang terjemahan dari kata ganti ( dhamir) nahnu. Namun penggunaan untuk Allah subhanahu wataala tentu saja bukan dimaksudkan bahwa Allah itu banyak - naudzubillah- akan tetapi satu gaya bahasa arab untuk membesarkan/ mengagungkan sang mutakallim ( yg berkata) atau disebut juga : Lit ta'zhiim.
:: Ustadz Arifuddin Muhammad

Pertanyaan group 13
10. sy mau tanya, adakah persyaratan khusus penerima fidyah? klo misal keluarga nya kekurangan tp salah satu nya msh bekerja sbg tukang pijit apa msh bisa menerima fidyah?
?
Jawab
Yg menerima fidyah adlah org miskin atau fakir...
Miskin adlah org tak bisa memenuhi kebutuhan normalnya...
:: Ustadz Muslim

Pertanyaan group 13
11. Selama ini ?? negara kita selalu saja merayakan ramadhan dan idul fitri berbeda2 tp sy cendrung sy tidak mengikuti mentri agama krn menurut sy mentri agama kadang salah prediksi jd sy ikut muhammadiyah tp kadang kebencian keluarga sy krn perbedaan itu, bagaimana sy menanggapinya dan menjelaskan kepada keluarga sy??
Jawab
sahabatku yang dirahmati Allah, ketika ada perbedaan dalam ibadah, contoh penetapan 1 Syawal, tidak usah kita menyalahkan siapa-siapa ketika kita berseberangan pendapat, jadilah bijak, tidak usah diperdebatkan ... jika ada keluarga yang mengikuti ulil amri yang tentu memiliki nash yang shahih juga, tak usah kita mempermasalahkannya, diam jika ada yang membahas sebuah perbedaan, karena dalam perbedaan itu kedua-duanya memiliki nash yang sama shahihnya ??
:: Ustadz Hizbullah

12. Pertanyaan grup Akhawat 02
Assalamualaikum ustadz/ustadzah,
Jadi misalnya mau puasa, terus ga bangun sahur, nah boleh ga niat puasa pas bangun tidur, misalnya bangun tidurnya jam 9 ? Niat puasanya bagaimana? Sama ataukah ada perbedaan??
Jawab
Waktu Niat puasa adlah malam hari dari maghrib sampai terbit fajar shubuh...
Jd kalau sdh niat puasa sebelun tidur dan bangun telat sehingga tak bisa sahur maka puasanya sah...
Tp kl belum niat puasa utk esok harinya dan tertidur sampai shubuh maka puasanya tak sah krn belum niat...
:: Ustadz Muslim

13. Pertanyaan grup 12
Assalamualaikum ustad nak tanya.
Tatacara solat tarawih dirumah gimana ust ??
Bagaimana ya ust agar kita ttep Istiqomah beribadah meski ramadan sudah lewat..?
Jazakillah
Jawab

Tata cara shalat tarawih di rumah tidak ada bedanya dengan tata cara shalat tarawih di masjid.
Shalatnya bisa dilakukan sendiri atau berjamaah bersama keluarga di rumah.
Dilakukan setelah shalat isya', 8 rakaat atau 20 rakaat (tergantung yang dipilih), dan diakhiri dengan shalat witir 3 rakaat.
Bagaimana agar istiqamah beribadah setelah Ramadhan? Banyak cara agar kita bisa istiqamah dalam beribadah kepada Allah. Yang terpenting adalah menghadirkan dalam hati kita pengagungan terhadap Allah dalam setiap ibadah yang kita lakukan. Jika hati kita dipenuhi dengan pengagungan terhadap Allah, maka kita akan ringan melakukan ibadah, dan mudah pula istiqamah mengerjakannya. Kita melakukan ibadah dengan penuh keikhlasan dan cinta pada Allah, bukan sekedar melepaskan beban kewajiban (ibadah) pada diri kita.
Selain itu, istiqamah dalam ibadah dapat diwujudkan dengan berkumpul bersama teman-teman yang baik dan saling mengingatkan dalam kebaikan, serta mencari lingkungan yang kondusif. Lingkungan yang baik akan mendukung kita melaksanakan ibadah. Misalnya kita berusaha tinggal dekat dengan masjid. Dekat dengan masjid akan membuat kita rindu dengan ibadah.
Juga tak kalah pentingnya adalah dengan banyak berdoa kepada Allah agar diberi kekuatan dan keistiqamahan dalam beribadah. Di antara doa yang bisa kita baca adalah doa yang sering dibaca Rasulullah SAW: Yaa Muqollibal quluub, tsabbit qalbiy 'Alaa diinika.
:: Ustadz Arfian

14. Pertanyaan 04
Rasulullah SAW ketika memasuki bulan sya'ban kan memperbanyak puasa. Bahkan diriwayatkan bila hampir sebulan d bulan sya'ban tsb Rasulullah SAW berpuasa. Apakah niatnya puasa sya'ban/bagaimana? Ataukah puasa Rasulullah SAW tsb puasa yg familiar d hadis lain, seperti puasa senin-kamis/puasa nabi daud/puasa 3 hari d tengah bulan? Atau Rasulullah SAW menggabungkan semua puasanya tsb? Syukron ??
Jawab

coba tanyakan ke ustadz yang lain, dari beberapa nash yg ana ketahui, tidak ada penyebutan untuk niat secara khusus ketika Rasulullah ? berpuasa di bulan sya'ban.
wallahu'alam
:: Ustadz Hizbullah

15. Pertanyaan 08
Assalamualaikum ustadz. Ana sulit menjemput jodoh kenapa ya stadz?
Padahal sudah siap smua Insha Allah, rumah, gaji, kendaraan.. Sebelumnya sudah beristri, istri wafat 1 th lalu ?
Jawab
ana tidak bisa menjawab
teruslah berikhtiar dan berdo'a ... mohonlah kepada Allah agar dipertemukan dengan seseorang yang bisa menjadi pelengkap hidup.
:: Ustadz Hizbullah

16. Pertanyaan 07
Izin bertanya, saya masih mahasiswa. Mayoritas kegiatan perkuliahan, organisasi dll masih berlangsung saat waktu shalat tiba. Akhirnya, shalat tepat waktunya ditinggalkan dan seringnya telat banget ustad. Apa yg bsa kita lakukan utk mensiasati itu? [Luthfi Syam]
?
jika sampai waktu sholat ... sholatlah ... bawa botol air yang airnya cukup digunakan untuk berwudhu, bawa alas sholat kecil dalam tas, jd bila sampai waktu sholat minta izin sebentar, cari lokal/ruangan/tempat yang kosong untuk sholat ??
:: Ustadz Hizbullah

Pertanyaan grup 12
17. Pertnyaannya mba ..pada saat berhubungan suami istri pd saat bulan puasa di malam hr ,maka batas mandi junubnya sampe jam brp mba ? ,apa boleh setengah jam sebelum azan shubuh atau ada batasan jamnya..?
Jawab
Bagusnya adlah dia mandi sebelum azan shubuh sehingga shubuh bisa shalat jamaah ke mesjid...
Adapun secara hukum mandi junub tidak ada batasan waktunya... maka kl dia telat bangun dan blm mandi wajib maka puassanya tetap sah....
:: Ustadz Muslim

18. Pertanyaan grup 07
Afwan mau tanya kalo di daerah sy punggahan disebutnya munggahan yaitu rasa bahagia senang & antysias menyambut romadhon di apresiasikan dgn memasak masakan istimewa untuk keluarga, misal memotong ayam lalu dimasak masakan favorit keluarga seperti opor, soto, ayam bakar dll . Bagaimana itu hukumnya ya..?
Jawab
Mengekspresikan rasa senang menyambut Ramadhan dengan memasak makanan untuk dimakan bersama keluarga hukumnya mubah. Hanya yang perlu diperhatikan agar jangan sampai berlebihan sehingga makanannya mubadzir atau malah membebani keuangan keluarga secara berlebihan.
Wallahu a'lam.
:: Ustadz Arfian
Grup  08

19. Gimana caranya... kita sebagai seorang tetangga.. ayahnya curhat sama Abi bun
da anaknya terjerumus aliran sesat.. dia seorang perempuan..
Si anak sampe hari ini belum pulang kerumah..
Perginya tidak membawa identitas.. dan hp nya selalu tidak aktif kalau di hubungi orang tuanya
Syukron
 Apakah bisa di sadarkan..?
Jawab
Baiknya laporkan ke polisi supaya bisa bantu cari anaknya tersebut. Itu dulu yang prioritas.
:: Ustadz Arfian

Pertanyaan group 05

20. Assalamuallaikum saya mau tanya
Saya pernah mendengar cerita bahwa ada hewan yaitu anjing di jaman nabi yg bisa  masuk surga karena menolong seseorang
Pertanyaannya bagaimana dengan hewan yang hidup dijaman sekarang yg mungkin bisa membantu seseorang ketika melaksanakan tugas?
Apakah setelah mereka mati ya mati?
Mohon penjelasan dalilnya?
Jawab
berita tentang hewan/binatang yang akan ada di surga:
hewan yang memang dikhususkan bahwa mereka di surga, seperti anjing ashabul kahfi, onta Nabi Sholeh as.
Binatang yang disebutkan dalam al-Qur'an dan Sunnah, contoh: QS. al-Waqi'ah : 56 atau QS. Ath-Thuur : 22, lalu Sapi Jantan seperti hadits yang diriwayatkan oleh Muslim.
Berasal dari nash yang shahih, contoh: "Abu Hurairah berkata: " Rasulullah ? bersabda: "Sholatlah kalian di kandang kambingvdan bersihkanlah tanahnya karena ia adalah binatang surga" (HR. Baihaqi)
namun yang perlu kita catat, bahwa binatang yang kelak akan ada di surga mungkin tidaklah serupa dengan apa yang ada di dunia, karena hanya Allah yang mengetahui.
:: Ustadz Hizbullah

Pertanyaan group 05

21. Assalamu'alaikum ustadz/ah,,,
 1. Klw shalat tarawih sendiri,jika tidak membaca bilal. Apakah sah shalat tarawihnya?
 2. Bolehkah pd wkt puasa kita menggunakan obat kumur contoh :listerin
?
Waalaikumussalam.
Dalam majmu' Syarh muhadzab, 4/31, Imam Nawawi Rahimullaah menjelaskan bahawa ulama' sepakat boleh sholat tarawih itu dilakukan secara berjemaah ataupun dilakukan sendirian.
Boleh berkumur-kumur dengan listerin saat berpuasa, tapi hati-hati tertelan, jika tertelan batal puasanya.
Walloohua'lam.
:: Ustadz Irwansyah

Pertanyaan group 05

22.
6. Ustadz/ustadzah mau tanya,jika ada orang yang tidak bahagia dengan pekerjaannya, apa itu tandanya  dia orang yang tidak bersyukur/memang pekerjaannya yang kurang berkah ya?
Jawab
Mensyukuri pemberian dgn tidak mendurhakai Sang pemberi (Allah) swt
Kebahagiaan itu relatif tidak bisa diukur melalui kacamata matematik dan tak pula bisa digeneralisasi kesemua orang, sebab setiap orang pasti memiliki kecendrungan yang berbeda antara satu dengan lainnya dan itu wajar terjadi, tidak bertentangan dengan syariat. Misal dalam rumah tangga kita saja, kita sering menemukan perbedaan bakat dari sekian banyak anak anak kita nah itulah hidup. Maka, selaku orang tua, guru atau siapa saja mes?tilah memahami bakat atau talenta mereka tersebut supaya pada saatnya bisa diberdayakan secara profesional. Kemudian jika mereka berprofesi di satu lembaga atau institusi yg sesuai dengan talenta yang mereka miliki dan tidak dipaksakan pasti mereka menjadi orang orang yang produktif dalam bekerja. Allah berfirman :
Artinya, bekerja sesuai dengan skill dan keahlian adalah sunnatullah yang diajarkan Allah swt kepada hamba hambayNya. Maka terkait dengan pertanyaan penanya di atas jika dia bekerja sudah sesuai dengan skill atau bakat yang memang telah dimilikinya dari sejak awal bahkan itu bagian dari cita citanya, kemudian dia merasa tidak bahagia dengan pekerjaannya tersebut itu bisa dikatakan tidak bersyukur kepada Sang pemberi. Perlu diwaspadai, kemungkinan orang ini memiliki kepribadian ganda atau split personality efek dari ketidak mampuan dirinya berinteraksi dengan orang lain. Ya dari tidak mesyukuri nikmat Allah berakibat kpd hilangnya keberkahan pekerjaan, jadi solusinya adalah
a.       Mantapkan tauhidullah
b.      Perbaiki terus ibadah kepada Allah swt
c.       Carilah guru spritual yang bisa membimbing, tempat curhat dan sekligus yang dapat mengarahkan
d.      Cari komunitas yang boleh berbagi

e.       Berusaha utk bisa memahami lingkungan pekerjaan dan teman bekerja
f.       Tawakkal kepada Allah
:: Ustadz Mahmud Shaleh

23. Pertanyaan grup  02
Ustadz/ustadzah saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan :
1. Yang kita ketahui,bahwa bunga adalah riba. Riba dilarang untuk dilaksanakan. Kemudian, bagaimana hukumnya bagi pekerja yang mengelola bung tsb ( pekerja bank konvensional/syariah)?
Jawab
Usahakan cari alternatif lain yg lbh halal... utk sementara waktu bisa bekerja di situ..sampai dpt alternatif dan perbanyak istighfar...
:: Ustadz Muslim

24. Pertanyaan grup 02
2. Apakah di perbolehkan membaca Al-Qur'an di dalam hati/tidak diucapkan?
3. Apakah diperbolehkan ketika shalat dhuha, membaca surat pendek selain Q.S. Asy-Syamsu dan Adh-Dhuha?
4. Bagaimana tatacara shalat yang khusyu' sesuai ajaran Nabi Muhammad?
5. Apa hukumnya memandang foto lawan jenis yang bukan muhrim? karena hal ini pasti terjadi di media sosial.
?

Boleh baca surah lain selain surah al-Syam dan al-Dhuha dalam sholat dhuha, bacalah surah-surah yang mudah ikut kemampuan.
Boleh baca qur'an dalam hati, tapi sebaik-baiknya alqur'an itu di baca dengan bertajwid bukan di baca dalam hati.
Cara sholat khusu' iaitu hadirkan hati pada Allah SWT, faham bacaan dan perbuatan sholat, khaibah dan ijlal (hormat pada Allah SWT dan mengagungkanNya, takut dan harap hanya pada Allah SWT.
Memandang foto lawan jenis yang bukan mahram di Media sosial hukumnya haram kerana boleh mendatangkan syahwat melihatnya.
Wallahua'lam.
:: Ustadz Irwansyah
Pertanyaan grup

25. Ustd..bagaimana kl ada teman non muslim mendoakan kita spt misalnya ' selamat menjalankan ibadah puasa semoga diberi kekuatan lahir batin dan  menjadi berkah bagimu'..
Jawab
boleh mengaminkan do'a orang kafir agar dirinya mendapat hidayah, atau do'a orang kafir untuk kaum mukmin agar mereka mendapat pertolongan atau semacamnya ??
:: Ustadz Hizbullah

Pertanyaan grup 11

26. Assalamu'alaikum...
Mau nanya....
1. Apabila terbagun sudah pertengahan waktu subuh misal subuh jam 4.30 bangunny jam 5.00/ 5.30
Apakah masih bisa sholat sunah sebelum sholat subuh....

?
Bismillah washolaatu wassalaamu 'alaa rasululillah
Jika seseorang masih berada dlm waktu shalat dan belum keluar dari waktu yg dibatasi. Jika subuh adalah waktu syuruq. Maka dia masih diperbolehkan shalat sunnah.
:: Ustadz Atieq

Grup 05
27. Assalamu'alaikum ustadz/ah jika sudah berwudhu apakah boleh bersentuhan dgn suami, spt bersalaman mau pamit kerja..?
Jawab
Waalaikumussalam.
Ulama' berbeza pendapat, Mazhab al-Syafi'i berpendapat suami isteri batal wudhu' dalilnya berdasarkan al-qur'an surah al-Nisa: 43 yang maksudnya : Atau kamu telah bersentuhan dengan isteri.
Pendapat kedua menyatakan tidak batal wudhu bersentuhan antara suami dan isteri. Hal ini berdasarkan hadith dari pada Aisyah ra bahawa Nabi saw pernah mencium salah seorang isterinya kemudian Nabi saw keluar menuju sholat dan tidak berwudhu lagi... (HR Al-Tirmizi) Di shahihkan Syaikh al-Bani.
Walloohua'lam.
:: Ustadz Irwansyah

28. Pertanyaan grup 07
Mau nanya hukum menggunakan kartu kredit itu gmna ya dalam islam..?
Jawab
Singkatnya: muamalat dgn kartu kredit menjadi haram karena adanya denda yg dikenakan bank penerbit kepada pemegang kartu bila terjadi keterlambatan pembayaran iuran atau jumlah tertentu yg disyaratkan pembayarannya setiap bulan. Sementara dalam bab hutang tidak dibenarkan hal seperti itu karena masuk dlm kategori riba. Bila tidak ada denda semacam itu maka boleh. ????? ????
:: Ustadz Arifuddin Muhammad

Mari ukhty Kita tutup majelis  ini dengan mengucap Hamdallah
"Alhamdulillahi Rabbil 'Alamiin "
Dan Doa Kafaratul Majelis
Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.?
Aamiin Aamiin Yaa Rabbal'aalamiin.
wabillahitaufik walhidayah
Wassalamu'alaikum wr wb
Tim Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar